Google
 

PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DEPARTEMEN LUAR NEGERI

> > P E N G U M U M A N
> > Nomor: 0951/KP/VIII/ 2007/02
> > tentang PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DEPARTEMEN LUAR NEGERI TINGKAT
> > SARJANA (GOLONGAN III) DAN DIPLOMA 3 (GOLONGAN II)
> > TAHUN ANGGARAN 2007

Departemen Luar Negeri Republik Indonesia membuka kesempatan kepada
Warga
Negara Indonesia pria dan wanita:
1. Sebanyak 100 orang lulusan S1, S2, S3 menjadi Calon Pegawai
Negeri Sipil (CPNS) Golongan III untuk dididik menjadi Pejabat
Diplomatik dan Konsuler (Diplomat/PDK) ; Sebagian dari 100 calon PDK
akan diseleksi secara khusus dari lulusan terbaik universitas negeri di luar Jawa.
2. Sebanyak 50 orang lulusan Diploma 3 menjadi Calon Pegawai Negeri

> > Sipil (CPNS) Golongan II untuk dididik menjadi Bendaharawan dan
> > Penata Kerumahtanggaan Perwakilan (BPKRT); dan 3. Sebanyak 50 orang

> > lulusan Diploma 3 menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan

> > II untuk dididik menjadi Petugas Komunikasi (PK).
> >
> > I. PERSYARATAN UMUM
> >
> > a. Warga Negara Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,

> > setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan
> > Republik Indonesia.
> > b. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan
> > berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap
> > yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian.
> > c. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan
> > sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri
> > maupun sebagai pegawai swasta.
> > d. Tidak berkedudukan sebagai CPNS dan tidak sedang terikat
> > perjanjian/kontrak kerja dengan instansi lain.
> > e. Tidak bersuami/beristrika n seorang yang berkewarganegaraan asing
atau
> > tanpa kewarganegaraan.
> > f. Sehat jasmani dan rohani.
> > g Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia
atau
> > negara lain yang ditentukan oleh Pemerintah.
> >
> > II. PERSYARATAN KHUSUS
> >
> > A. PEJABAT DIPLOMATIK DAN KONSULER (DIPLOMAT/PDK)
> >
> > a. Berijazah Sarjana (S1), Magister/Master (S2) atau Doktor (S3):
> > 1. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Jurusan Ilmu Politik, Hubungan

> > Internasional, Studi Kawasan, Ilmu Komunikasi, Sosiologi, Ilmu
> > Pemerintahan dan Administrasi Negara).
> > 2. Ilmu Hukum (Hukum Internasional, Hukum Bisnis, Hukum
> > Perdata, Hukum Tata Negara).
> > 3.
> >
> > Ilmu Ekonomi (Jurusan Studi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi).
> > 4. Sastra/Ilmu Pengetahuan Budaya (Arab, China, Inggris,
> > Jepang, Korea, Perancis, Rusia, dan Spanyol).
> > b. Lulusan Perguruan Tinggi Negeri, Swasta yang terakreditasi
> > Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, atau lulusan luar
> > negeri, dengan persyaratan IPK: S1 minimal 2,75 (dua koma tujuh
> > lima); S2 dan S3
minimal
> > 3,00 (tiga koma nol nol).
> > c. Menguasai bahasa Inggris dengan baik (lisan dan tulisan)
> > dan/atau bahasa PBB/asing lainnya (Arab, China, Jepang, Korea,
> > Perancis, Rusia,
dan
> > Spanyol).
> > d. Berusia maksimum:
> >
> >
> > * 28 tahun pada tanggal 1 Oktober 2007 (lahir setelah 30
> > September
> > 1979)
> > untuk tingkat Sarjana (S1).
> > * 32 tahun pada tanggal 1 Oktober 2007 (lahir setelah 30
> > September
> > 1975)
> > untuk tingkat Magister (S2).
> > * 35 tahun pada tanggal 1 Oktober 2007 (lahir setelah 30
> > September
> > 1972)
> > untuk tingkat Doktor (S3).
> >
> >
> > B. BENDAHARAWAN DAN PENATA KERUMAHTANGGAAN PERWAKILAN (BPKRT)
> >
> > a. Berijazah Diploma 3 (D3):
> > 1. Jurusan Akuntansi.
> > 2. Jurusan Manajemen Keuangan.
> > b. Lulusan Perguruan Tinggi Negeri, Swasta yang terakreditasi
> > Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, atau lulusan luar
> > negeri, dengan persyaratan IPK: minimal 2,75 (dua koma tujuh lima).
> > c. Menguasai bahasa Inggris dengan baik (lisan dan tulisan)
> > dan/atau bahasa PBB/asing lainnya (Arab, China, Jepang, Korea,
> > Perancis, Rusia,
dan
> > Spanyol).
> > d. Berusia maksimum 28 tahun pada tanggal 1 Oktober 2007 (lahir
> > setelah 30 September 1979).
> > C. PETUGAS KOMUNIKASI (PK)
> >
> > a. Berijazah Diploma 3 (D3):
> > 1. Jurusan Teknik Telekomunikasi.
> > 2. Jurusan Teknik Informatika.
> > 3. Jurusan Teknik Komputer.
> > 4. Jurusan Teknik Elektronika
> > 5. Jurusan Matematika.
> > b. Lulusan Perguruan Tinggi Negeri, Swasta yang terakreditasi
> > Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, atau lulusan luar
> > negeri, dengan persyaratan IPK: minimal 2,75 (dua koma tujuh lima).
> > c. Menguasai bahasa Inggris dengan baik (lisan dan tulisan)
> > dan/atau bahasa PBB/asing lainnya (Arab, China, Jepang, Korea,
> > Perancis, Rusia,
dan
> > Spanyol).
> > d. Berusia maksimum 28 tahun pada tanggal 1 Oktober 2007 (lahir
> > setelah 30 September 1979).
> >
> > III. PENDAFTARAN
> >
> > a. Melakukan REGISTRASI ONLINE melalui website
> > http://www.deplu. go.id dan mencetak formulir registrasi beserta
> > pernyataan menyetujui ketentuan dan syarat yang ditetapkan.
> > b. Registrasi online harus disertai dengan pengiriman berkas
> > lamaran yang disampaikan kepada Panitia Penerimaan CPNS Deplu Tahun
> > Anggaran
2007.
> > c. Setiap Pelamar hanya diperkenankan mengirimkan satu berkas
> > lamaran dan mendaftar hanya untuk satu kategori seleksi PDK atau
BPKRT atau PK.
> > d. Registrasi online baru akan diproses setelah Panitia menerima
> > berkas lamaran yang disampaikan melalui Pos Tercatat mulai tanggal 7

> > s/d 21 Agustus
> > 2007 (CAP POS) dan sudah diterima Panitia selambat-lambatnya tanggal

> > 24 Agustus 2007, ditujukan kepada:
> >
> > Ketua Panitia Penerimaan CPNS Deplu TA 2007 PO BOX 3195 JKP 10031
> > (UNTUK PDK)
> >
> >
> > PO BOX 3189
> > JKP 10031 (UNTUK BPKRT)
> >
> > PO BOX 3190
> > JKP 10031 (UNTUK PK)
> >
> >
> > e. Panitia hanya menerima berkas lamaran yang disampaikan melalui
> > PO
BOX
> > tersebut di atas dan tidak menerima format penyampaian lamaran
lainnya.
> > f. Formulir Registrasi harus dilengkapi dengan lampiran:
> > i. Surat Pernyataan Menyetujui Ketentuan dan Syarat yang telah
> > dicetak dibubuhi meterai Rp.6.000;
> > ii. Fotokopi KTP yang masih berlaku/Fotokopi Paspor bagi pelamar
> > dari luar negeri;
> > iii. Daftar Riwayat Hidup terakhir;
> > iv.
> >
> > Satu lembar fotokopi ijazah (D3, S1, S2, dan/atau S3) berikut
> > transkrip nilai yang sudah dilegalisir (cap dan tanda tangan asli)
> > oleh Dekan/Direktur Program atau Ditjen Dikti Depdiknas bagi lulusan

> > Perguruan Tinggi Luar Negeri (Surat Keterangan Kelulusan/Ijazah
> > Sementara tidak dapat
diterima);
> >
> > Catatan: bagi lulusan luar negeri yang memiliki transkrip nilai
> > tidak berskala 4.0 harap melampirkan konversi transkrip nilai dengan

> > skala 4.0 yang disahkan oleh Ditjen Dikti Depdiknas.
> > v. Fotokopi Akte Kelahiran;
> > vi. Surat Keterangan Sehat dari dokter (terbaru);
> > vii. Fotokopi tanda pencari kerja (kartu kuning Depnaker) yang
> > masih berlaku;
> > viii. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih
berlaku;
> > ix. Pas foto terakhir ukuran 3x4 (berwarna) sebanyak 3 lembar: 1
> > lembar foto ditempel di formulir lamaran dan 2 lembar lainnya
> > ditulisi nama pelamar di bagian belakang foto.
> > g.
> >
> > Lamaran beserta lampiran tersebut pada butir (e) disusun rapi sesuai

> > urutan di atas dalam map kertas jepit berlubang dengan warna:
> >
> > i. Biru untuk S1 - PDK,
> > ii. Kuning untuk S2 - PDK,
> > iii. Putih untuk S3 - PDK
> > iv. Hijau untuk D3 - BPKRT.
> > v. Merah untuk D3 - PK.
> >
> > h. Map lamaran beserta lampiran dimasukkan ke dalam amplop warna
> > coklat dan ditulis pada pojok kiri atas kode lamaran PDK atau BPKRT
atau PK.
> > i. Berkas lamaran yang tidak memenuhi persyaratan tersebut di atas
tidak
> > akan diproses.
> > j. Berkas lamaran yang diterima Panitia menjadi milik Panitia dan
> > tidak dapat diminta kembali oleh Pelamar.
> >
> > IV. TAHAPAN DAN JADWAL SELEKSI
> >
> > Seleksi penerimaan PDK, BPKRT dan PK dilakukan dengan
> > tahapan-tahapan sebagai berikut:
> > 1. Seleksi Administratif;
> > 2. Ujian tulis substansi dalam Bahasa Indonesia dan Inggris
> > (meliputi masalah nasional, internasional dan pengetahuan umum) pada

> > 31 Agustus
dan
> > 1
> > September 2007;
> > 3. Ujian kemampuan/penguasaa n Bahasa Inggris atau bahasa asing
> > lainnya (Arab, China, Inggris, Jepang, Korea, Perancis, Rusia, dan
> > Spanyol) berdasarkan pilihan peserta pada akhir bulan September
> > 2007; 4. Tes Psikologi dan Wawancara Substansi serta Tes Penguasaan

> > Teknologi Informasi/Komputer pada awal bulan Oktober 2007; 5.
> > Seleksi dilakukan dengan sistem gugur dan keputusan Panitia tidak
> > dapat diganggu gugat.
> >
> > V. PENGUMUMAN HASIL SELEKSI
> >
> > 1. Hanya Peserta yang telah melakukan registrasi online dan
> > memenuhi seluruh persyaratan untuk melamar/persyaratan pendaftaran
> > akan dipanggil untuk mengikuti ujian tulis substansi.
> > 2. Pelamar yang berhak mengikuti ujian tulis substansi akan
> > diumumkan pada 25 Agustus 2007 melalui website Deplu
http://www.deplu. go.id.
> > 3. Kartu Tanda Peserta Ujian harus diambil sendiri oleh peserta
> > ujian
di
> > Pusdiklat Deplu, Jalan Sisingamangaraja No. 73, Jakarta Selatan,
> > dengan menunjukkan kartu identitas diri. Apabila diwakilkan harus
> > memberikan Surat Kuasa bermeterai dan dengan menunjukkan kartu
> > identitas diri Peserta dan Penerima Kuasa.
> > 4. Jadwal pengambilan Kartu Tanda Peserta Ujian akan diumumkan
> > kemudian melalui website Deplu http://www.deplu. go.id.
> > 5. Ujian Tulis Substansi akan dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus
> > dan
1
> > September 2007 dengan tempat yang akan ditentukan kemudian.
> > 6. Peserta yang lulus pada setiap tahapan ujian akan diumumkan
> > melalui website Deplu http://www.deplu. go.id.
> >
> > VI. LAIN-LAIN
> >
> > 1. Seleksi masuk Calon Pegawai Negeri Sipil Deplu tidak dipungut
biaya.
> > 2. Deplu tidak bertanggung jawab atas pungutan atau tawaran berupa
> > apapun oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan Deplu atau Panitia,
sehingga
> > Peserta diharapkan tidak melayani tawaran-tawaran untuk mempermudah
> > penerimaan sebagai CPNS Deplu.
> > 3. Bagi mereka yang telah dinyatakan lulus hingga tahapan terakhir
> > seleksi tetapi mengundurkan diri diwajibkan mengganti biaya yang
> > telah dikeluarkan panitia sebesar Rp 15.000.000,- (Lima Belas Juta
> > rupiah)
untuk
> > PDK dan Rp 10.000.000,- (Sepuluh Juta Rupiah) untuk BPKRT dan PK.
> > 4. Lamaran yang dikirimkan kepada Deplu sebelum pengumuman ini
> > dianggap tidak berlaku.
> > 5. Informasi resmi yang terkait dengan seleksi CPNS Deplu 2007
> > hanya dapat dilihat dalam website Deplu http://www.deplu. go.id. Para

> > pelamar disarankan untuk terus memantaunya.
> >
> >
> > Jakarta, 7 Agustus 2007
> > A.n. MENTERI LUAR NEGERI
> > SEKRETARIS JENDERAL
> >
> > TTD
> >
> > IMRON COTAN
> >
> > FORMULIR DAPAT DI AKSES DI http://www.deplu. go.id

No comments: